• Seragam siswi Jepang dinamakan Seifuku. Di jepang hampir tiap sekolah punya style seragam sendiri dan jadi identitas sekolah masing-masing. Sejarah singkat Seifuku : diperkenalkan sebagai seragam sekolah sailor di tahun 1921 oleh Elizabeth Lee, Kepala Sekolah Fukuoka Jo Gakuin. Elizabeth Lee yang menghabiskan sekolahnya di Inggris itu memperkenalkan seifuku karena terinspirasi dari sailor uniform yang digunakan oleh angkatan laut kerajaan Inggris.


    Seifuku sendiri masuk ke Jepang pada era restorasi Meiji, dimana pengaruh dunia Barat sedang sangat deras masuk ke Jepang. Hal ini membuat sailor seifuku semakin terdorong dan semakin populer dengan pesat di kalangan wanita, terutama di kalangan pelajar dan kaum muda yang menjadikan seifuku sebagai seragam sekolahnya. Setiap sekolah memiliki design seragam seifuku yang berbeda-beda. Dan design seragam sekolah tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi calon siswa. Bahkan, tidak sedikit siswa yang mendaftar di sekolah pilihannya karena tertarik dengan seragam seifukunya yang keren.

    Pada mulanya seifuku memiliki standard panjang rok di bawah lutut. Namun, entah darimana asalnya beberapa sekolah menaikkan rok itu hingga beberapa senti mulai dari 7cm, 13cm, bahkan sampai 15-18cm di atas lutut. 

    Nah, pasti di kepala kalian akan muncul beberapa pertanyaan terutama laki-laki tentang alasan kenapa rok seifuku itu pendek-pendek? 


    Alasan pertama :
    Kenapa rok seifuku itu pendek-pendek adalah, jika melihat kebelakang yaitu sejarah jepang, dulu rok seifuku itu dibawah lutut. Tapi sama halnya dengan di indonesia, walaupun jepang terkenal dengan tingkat kedisiplinannya yang tinggi, dan taraf pendidikannya yang tinggi pula. Disana juga tidak berbeda jauh dengan di indonesia, disana juga terdapat siswa-siswa yang nakal, terutama untuk urusan bolos sekolah. Sehingga di beberapa sekolah mereka memberlakukan agar rok seragam sekolah disekolah mereka lebih dipendekan beberapa centimeter diatas lutut. Semenjak sistem itu diberlakukan, tingkat siswa sekolah yang bolos sekolah menurun dengan drastis. Bahkan di beberapa daerah dan sekolah bahkan ada yang sampai memberlakukan sistem rok-nya seperti celana seragam olahraga, namun setelah terjadi beberapa kasus maka sistem itu dihapuskan dan kembali ke standar rok yaitu dibawah lutut atau di atas lutut beberapa centimeter. 

    Alasan kedua :
    Kenapa rok seifuku pendek-pendek adalah "gaya". Banyak siswi perempuan disana sengaja menaikan rok-nya beberapa centimeter diatas lutut (mulai dari 7cm, 13cm, bahkan sampai 15-18cm diatas lutut) untuk menarik hati lawan jenis-nya atau agar mereka dibilang seksi. Tapi ada siswi yang memang dia tidak mau ikut-ikutan sehingga mereka tetap menggunakan rok dibawah lutut, namun tidak sedikit juga dari mereka yang menggunakan rok dibawah lutut sering menghabiskan waktunya di perpustakaan sekolah.

    Mungkin kalian juga sering lihat J-Dorama atau sinetron kalau di Indonesia, pasti kalian merasa iri karna sekolah disana rambutnya bebas dll. Tapi apa yang kita lihat di dorama dengan kenyataannya itu jauh berbeda, tidak semua sekolah memberikan keleluasaan kepada muridnya untuk bergaya seenaknya mungkin terutama sekolah negeri, disana juga diberlakukan beberapa peraturan yang hampir sama dengan di indonesia, seperti bagi laki-laki dilarang rambut panjang, rok tidak boleh diatas lutut, dll. Pada dasarnya banyak dari orang tua yang tidak suka jika mereka melihat putrinya mengenakan rok yang diatas lutut terlalu tinggi.

    { 24 comments... read them below or Comment }

    1. seragamnya pada bagus, coba kalo di indo begitu :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. wkwk masalahnya apakah pria bisa menahan nafsu :D

        Delete
    2. wah .. alasannya karena penegn terlihat sexy :v

      http://www.informasidunia.tk/

      ReplyDelete
      Replies
      1. wkwk biar enak di pandang :v

        Delete
    3. keren2 thanks info gan kunbalnya di tunggu di KumisTips..

      ReplyDelete
    4. Memang kelihatan imut mas, apalagi gadis jepang aduuh benar-benar amazing.

      Jujur aja negara yang mau saya kunjungi pasti jepang, ^.^

      Kalau mas gimana?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya mas, apalagi 48 family, imut banget :D

        sama mas. Pengen lihat anak SMA :D

        Delete
    5. Widih coba di indonesia seragamnya kaya gtu

      bermanpaat sekali gan

      ReplyDelete
      Replies
      1. Horor gan, rok panjang aja banyak yg diperkosa :D

        Delete
    6. buset dah -_-
      jepaaang aku dataang :v
      nggak kebayang kalo di Indonesia :3 pasti bakal banyak kasus pelecehan :3

      ReplyDelete
      Replies
      1. wkwk gak kebayang kalau orangnya gendut :v

        Delete
    7. Jadi pengen ke Jepang :v
      Kunbalnya www.kyokokun.blogspot.com

      ReplyDelete
      Replies
      1. wkwk, biar bisa lihat paha :v

        Delete
    8. Bhahahaha.. Indonesia kayak gitu mah keren.. Thanks gan.

      ReplyDelete
    9. Informasi yang bermanfaat gan.
      Salam blogger indonesia

      ReplyDelete
    10. waahh ternyata seperti ituu :V

      ReplyDelete

    Copyright © 2015 - The Masked Man - All Right Reserved

    The Masked Man Template by Johanes Djogan - Designed by Masked X