• WEEABOO atau WAPANESE yang berarti “WANT TO BE JAPANESE” atau "JAPANESE WANNABE" atau bahasa Indonesianya “ORANG JEPANG JADI-JADIAN”.

    Weeaboo adalah orang yang senang mempertontonkan dirinya “sangat jepang” atau melebihi orang jepang asli. Weeabo sendiri cenderung bertingkah laku seakan-akan mereka tinggal di Jepang, meskipun mereka bukan warga negara Jepang dan tidak tinggal di Jepang tapi mereka berharap terlahir dan hidup di Jepang. Fenomena Weeaboo sendiri sudah banyak terjadi dan tersebar ke seluruh dunia, termasuk indonesia.

    Ungkapan weeaboo sendiri merupakan ungkapan negatif. Walaupun begitu setiap orang memang mempunyai hak untuk menyukai sesuatu serta bebas berekspresi. Oleh karena itu ungkapan weaboo atau wapanese mempunyai batasan tertentu, jadi bukan berarti mereka yang menyukai anime/manga/game, suka cosplay, suka budaya Jepang itu dapat dengan mudahnya disebut Weeaboo.

    Curhat : weeaboo itu sangat memuakkan. Ane punya teman FB sebut saja inisialnya X. Dia orang yang suka Jepang  lebih tepatnya suka Idoling Grup : 48 Family atau bisa dipanggil “Wota” seperti ane. Tapi dia pernah buat suatu pernyataan bahwa dia berharap lahir di Jepang bukan Indonesia dan gak peduli dengan Indonesia karna saya agak muak dengan pernyataan itu, langsung aja saya koment “Gak suka dengan Indonesia tapi masih aja pakai bahasa Indonesia :D bla bla bla” langsung aja dia marah dan kata-kata bocah pun muncul dan anehnya teman-temannya malah bantu dia totalnya 3 orang yang bantu dan saya cuma sendiri. Perdebatan pun terjadi, saya pakai kata halus dan mereka pakai kata bocah. Endingnya saya menang karna saya anak Bahasa dan pernah ketemu orang Jepang dan ngobrol langsung. Setelah itu FB saya di block dia XD.
    Mereka hanya pakai 1 mulut dengan meninggalkan 2 mata. Hidup di Jepang itu tak semudah yang kita bayangkan. Contoh : anak muda(17 tahun ke atas) di jepang banyak yang jadi bintang AV karna keterbatasan biaya dan kebutuhan hidup. Tapi mereka dengan mudahnya bilang “Berharap lahir di Jepang dan gak peduli dengan Indonesia” Pernyataan macam apa itu ? Kalau suka Jepang ya sewajarnya aja, orang Jepang yang tinggal di Indonesia (Haruka Nakagawa) aja cinta Indonesia tapi kita Anak Garuda malah mengagungkan negara lain.

    Weaboo atau wapanese dianggap terbelakang karena mereka dianggap kurang menghargai budaya bangsa dan negaranya sendiri. Ya seperti teman ane tadi. Inspirasi mereka berasal dari J-music, dorama, tokusatsu, idoling, dan budaya Jepang. Bagi mereka semua orang harus beranggapan baik mengenai jepang, termasuk mengerti dan memahami jepang baik budaya, tradisi ataupun kebiasaannya. Mereka akan naik pitam jika kamu berani mencoba menjelek-jelekan Jepang.

    Ciri Weeaboo antara lain:

    • Kurang menghargai budaya sendiri dan menganggap Jepang adalah yang terbaik. Misalnya menganggap budaya Indonesia itu sampah, tidak ada yang bagus serta berharap terlahir, tinggal di Jepang serta mempunyai pasangan orang Jepang. Seperti teman ane tadi.
    • Memalsukan profile di facebook, dibuat seakan-akan dia adalah orang Jepang. Padahal orang Jepang sendiri jarang menggunakan facebook.
    • Tidak ada keinginan untuk memajukan bangsa sendiri.
    • Dalam berbicara atau chatting, contohnya di facebook, cenderung menyelipkan bahasa-bahasa Jepang, seperti arigatou, douita, gomen, konnichiwa, sayonara, desu dsb. Tidak semua orang mengerti bahasa-bahasa seperti itu, kecuali kalau dengan temannya yang sehobi atau satu minat.
    • Menyukai lagu-lagu Jepang bahkan cenderung tidak menyukai lagu dari negeri sendiri, kecuali dari band negeri sendiri yang bernuansa J-pop atau J-rock seperti J-rocks dan JK48. Aimp3 mereka pun dipenuhi dengan lagu-lagu Jepang, kalau MPV ya dipenuhi dengan PV/MV/Concert band atau musisi Jepang favorit mereka.

    Intinya, cinta sama Jepang itu sah banget tapi ada batasannya, jangan berlebihan dan jangan lupa dengan identitas kita.

    { 34 comments... read them below or Comment }

    1. Bermanfaat ini namanya, share lagi ah

      ReplyDelete
    2. Bermanfaat Gan :D Kunbal gan maniaktik.blogspot.com

      ReplyDelete
    3. untunglah ane bukan weaboo :3

      ReplyDelete
      Replies
      1. wkwk otaku aja jgn weeaboo XD

        Delete
    4. mirip kek kawan ane gan, kadang kesel ane

      ReplyDelete
    5. weeaboo, baru tau ada istilah kaya gitu gan,, asik nih buat ngasih gelar ke temen ane hehehe :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. wkwk patut dicoba itu gan :v

        Delete
    6. dat, ternyata ada istilah Weeaboo ^_^ thx for da info :3

      folback gan .. http://xeekaplayer.blogspot.com/

      ReplyDelete
      Replies
      1. ok gan, lu aja blm follback -_-

        Delete
    7. Wah ane weaboo bukan ya ? Kayaknya enggak ahh :D

      ReplyDelete
    8. Agak pusing soal anime -_- tapi lumayan lah dikit dikit ngerti kalau baca ini :v

      ReplyDelete
    9. bermanfaat gan thx

      ReplyDelete
    10. temen ane gitu gan, semua pikirannya, pembicaraannya, hobinya. kayaknya dia WEABOO

      ReplyDelete
    11. Mantap nih weabooo

      ReplyDelete
    12. wah ini cerita komix ya gan siweebo inih menurut ane lebih keren narutho ninja gitu lho i like ninja

      ReplyDelete
    13. kacamata18.blogspot.com keren gan.. di buka tuh blog ane

      ReplyDelete
    14. Keren Gan www.filmku.cf

      ReplyDelete
    15. Keren gan!! Wkwkwk

      ReplyDelete
    16. Anonymous16:47

      ane suka nih filmnya keren :D . . . .

      ReplyDelete
    17. baru tau nih ane tentang weeaboo :o, ane tahunya otaku doang :D nice post gan :D bermanfaat nambah pengetahuan :D

      ReplyDelete
    18. Nice info gan :D

      ReplyDelete

    Copyright © 2015 - The Masked Man - All Right Reserved

    The Masked Man Template by Johanes Djogan - Designed by Masked X